Faktor Kelelahan Jadi Ancaman

9 Mar

psirREMBANG – Laskar Dampo Awang, julukan PSIR Rembang, dini hari kemarin (8/3) akhirnya tiba di Rembang setelah menjalani tur laga di Papua. Namun sore harinya, mereka sudah harus kembali mengikuti latihan dalam persiapan jelang laga derby Muria versus Persiku Kudus, di Stadion Wergu Kudus (10/3).

Sempitnya waktu istirahat inilah yang sedikit dikhawatirkan oleh tim pelatih. Dikarenakan, waktu istirahat yang minim dapat menyebabkan para pemain, khususnya yang dibawa ke Papua, akan mengalami kelelahan fisik. Hal itu dikatakan Eddy Simon Badawi, pelatih kepala PSIR, ketika dihubungi kemarin (8/3).

”Kita baru tiba tadi malam (kemarin malam, Red). Sore para pemain langsung kita instruksikan untuk latihan. Semoga stamina mereka sudah kembali pulih,” ujarnya.

Diakuinya, dua laga yang baru saja dijalani PSIR dalam tur Papua cukup berat. Selain karena pengaruh perjalanan panjang, stok pemain yang dibawa pun terbatas, sehingga para pemain jelas terkuras staminanya.
”Terutama saat laga melawan Persiram, hampir semua pemain tampil penuh hingga laga usai,” jelasnya. Untuk mengatasi kelelahan ini, tim pelatih rencananya akan melakukan rotasi starter.

”Kebetulan semua pemain sudah bisa dimainkan. Tidak ada pemain yang terkena hukuman kartu maupun cedera. Cammara Fassawa dan Tassiou Backo yang selama ini menjadi pilar, juga sudah bisa dimainkan kembali,” katanya.

Selain menyiasati faktor kelelahan, dalam persiapan jelang laga melawan Persiku tim pelatih juga akan berusaha memperbaiki koordinasi dan konsentrasi pemain. Dikarenakan, dari beberapa laga sebelumnya, terutama di luar kandang, konsentrasi pemain dianggap masih sering buyar. Khususnya saat mendekati pertandingan usai. Hal itu terbukti ketika dua gol yang bersarang di gawang Efendi dalam laga menghadapi Persiram Raja Ampat, terjadi di menit-menit terakhir.

”Satu gol tercipta jelang babak pertama usai, tepatnya di menit 37′. Sementara satu gol di menit 88′. Konsentrasi pemain akan terus kita perbaiki. Tujuannya agar tetap fokus selama 90 menit pertandingan,” pungkasnya.

Iklan
%d blogger menyukai ini: